Senin, 25 Februari 2008

- infotainment, wajah kita? -



Cek & Ricek, Kabar-kabari, Kroscek, Bibir plus, Silet, GO spot, dan kawan-kawannya yang seubrek-ubrek...

kalo dihitung-hitung, semua jari tangan dan kaki kita enggak bakalan cukup buat nampung jumlah seluruh acara gosip berkedok Infotainment (informasi dan entertinment) yang disiarin TV kita dewasa ini. apakah ini hal yang patut kita banggakan? inikah potret wajah negara kita sekarang?
semua yang berhubungan dengan keselebritisan seseorang, bisa menjadi berita. mulai dari hobi melihara ular phyton, perceraian, jalan-jalan ke luar negeri sampai logat bicara seorang artis yang rada aneh, seperti Cinta Laurah, selalu menghiasi layar TV kita. mulai dari jam setengah 6 pagi, sampe tengah malam, acara seperti ini masih tetep eksis. mulai dari acara normal hingga dalam bentuk berita investigasi.

sebenernya, program seperti ini sempat menimbulkan polemik di masyarakat, setelah ada salah satu pihak yang menyatakan bahwa acara seperti ini, menjurus kepada membuka aib orang lain. namun, tetap saja ini merajai setiap stasiun TV yang ada.
mungkin, jumlah yang membludak seperti ini, gak akan bisa terjadi kalo mental orang Indonesia gak se-addict ini ke gosip. menyedihkan kalo dipikir-pikir. tapi, namanya juga artis, berita gak penting juga bisa jadi uang. saya gak bakal heran, jika suatu saat nanti, banyak infotainment yang sibuk beritain prilaku-prilaku ga penting dari para artis.
sebenernya, gak akan ada yang bisa disalahin. namun, saya merasa ada sesuatu yang salah dengan semua ini. dan untuk itu, harus segera kita benahi.
sebagai contoh, dulu ketika saya masih SD, tiap hari minggu, siaran TV (seluruh channel) bakal nayangin acara kartun. mulai dari Doraemon, sampe Power Ranger ada. dan sekarang? jangan harap! ketika kita nyalain TV pagi-pagi di akhir pekan, kita bakal nemuin acara kartun. yang ironisnya, acara-acara kartun itu, udah digantiin oleh berita gosip. mau dibawa kemana bangsa ini?
dewasa ini, anak-anak lebih hafal nama-nama artis yang cerai, daripada nama mantan personil Trio Kwek-kwek.

ini harus jadi beban pemikiran kita sekarang..
mungkin ngikutin berita seleb, sah-sah aja kita mantengin diri nonton infotainment. tapi, kalo udah sebrutal sekarang, apa gak ada yang salah?



i'm out*
gambar dari sini.

25 komentar:

sassy mengatakan...

iya ya.. bener itu... stasiun TV aja dah bejibun banyaknya trus masing2 keknya punya lebih dari 1 acara infotainment deh.. pusing sayah *_*

ajenkajenk mengatakan...

Haiah!
Omongan lo pok! Kayak pejabat yg lagi kampanye bwt pikada!
Kwakakakakakak....
Tupok mengepalkan tangan sambil berkata *jangan lupa dukung saia!saia akan tuntaskan infotainment yg menjamur di negara kta!merdeka!merdeka!*
Huehehehe..
Hidup gosip!

andrei-travellous mengatakan...

iyah kadang tanpa sadar kita malah ikutan ghibah ke orang tanpa kita sadari, jadi apa salah menyebut infotainment itu adalah senjata para syaitan?

salam :)

katakdankodokbersaudara mengatakan...

it's all about demand.. o iyah.. ironisnya, buku guah terinspirasi dari gosip.. huehehehe..

Dew mengatakan...

Hah? Trio Kwek-Kwek?
Ya mana anak jaman sekarang tau! Personil Trio Kwek2 sekarang kan udah jadi oom dan tante2 semua!

Anakku ndak ngerti berita gosip. Kalo sore mrk lebih suka maen daripada nonton tipi.
Emak mereka? Nggak ngerti gosip juga.
Sibuk.
Sibuk ngeblog.

tehaha mengatakan...

hmm..
koq kita sama2 khawatir yah..
:p

Mama Anne dan Ghani mengatakan...

Pok
Anne Ghani , alhamdullilah sehat nih
Wah acara gosip perlu juga buat artisnya biar tambah beken...
yang rusak mental artisnya atau penontonnya ya ???
atau produser acaranya ???
Kyk mana duluan ayam ama telor nih

aDyA mengatakan...

wah,, popok serius skaleee...

stuju pok,,,
kadang inpotenmen to kaya ngracuni kita..
ga ada acara laen yg lebih menghibur apa!?!?!?

tapi tanpa inpotenmen, kasian artis2 jg..
media promosi gitu loh..
hehe...

yah,, ga muna deh...
aku juga sring nonton...
malah blakangan lg terkangen2 nonton inpotenmen...
xixixi....

AngelNdutz mengatakan...

wedew,,klo Ndutz mah senantiasa nonton tuh acara..mule setengah tujuh sbelon brkt ngantor uda nyempetin nonton,,tar dikantor buka seleb.tv liat2 gosip nyar, tar plgnya liat lg...aduw..hidup Ndutz emg memprihatinkan..lha drpd nonton sinetron yg gak jelas juntrungannya??(emg gosip jelas??!! :D )

:: ing :: mengatakan...

saia cuman ingin bilang, bagemana klo di alihkan saja mereka-mereka yang pada addict to gosip menjadi addict to blogging..Bagaimana?
better gag??=D

Chic mengatakan...

ndak pernah nonton ingpotainment... ndak penting sepertinya.. hihihi

GusKoko mengatakan...

Kalau saya memang jarang nonton TV, jadi kurang tahu perkembangan gosip.
Cuma kalau dicermati; rata2 mereka cuma mau cari untung, tanpa memikirkan side effect nya.
Kalau mau jujur, sebenarnya ini juga akibat adanya kebebasan pers.

Ani mengatakan...

Aku jarang nonton TV, jadi sering ketinggalan gosip, teman cerita gosip artis si A, si B , Si C, aku cuma melongo. Giliran pas sempat nonton TV, mo coba nyari gosip, eh anakku marah2, katanya mama nggak boleh nonton gosip2, dosa ! Lha, jadi malu to sama anak ?

Eucalyptus mengatakan...

He he he, acara ghibah tapi ratingnya paling tinggi tuh ditonton sama ibu2...

ichaAwe mengatakan...

heheheyhe.... di amrik jg acara infotainment laku berat.
temenku yg skrg masih dijerman..rela bayar iuran..spy bisa nonton infotainment online...gueeendeeng...
aku mah gak ikutaaaan

+Dee+..what else? mengatakan...

iya tu bner banget, isi TV sekarang gitu-an semua. bosennnnnnnnn

sandynata mengatakan...

jujur nih, saya udah jijik sam inpoteinmen! sumpah jijik! apalagi cara membawakan beritanya "horor" banget! jalan bdua'an.. horor, orang pacaran.. horor, orang cerai.. horor, orang kentut.. horor!

mana semuanya bilang "ini inpoteinmen ter ini lah.. ter itu lah" la wong dasare yo sama semua..

inpoteinmen yang nggak informatif dan nggak entertaining!

thya mengatakan...

ribet sama gosiiipppp melulu...
aaahhh untung ada komputerrrr....

JustYulia mengatakan...

daMpiNgi aNak-aNak dibawaH umuR unTuK menoNtOn tayaNgan teliViSi aGar meREka tiDak saLah daLam menaFsiRkaN aPa yaNG aDa di hadapaN meReKa....


huEhuEheheheh...soK wiSe bangEd yaH...

hidung-bertai-lalat mengatakan...

wuaaaaaahhh
infotainment tuh RACUN!!!

wakakka
tp sejak gw kudu stay back at the office chair sitting here enjoying blogosphere..(hueheheh)..
sometimes i miss that stupid infotainment...
yg lucu klo lagi heboh ngmgin si artis A, seharian even semingguan bakal ngmgin tu orang..!!wakkss...mual mual deh

most of them..lebih banyak mrusaknya..alhamdulillah gw ga punya banyak waktu di depan tivi...yg skrg ini lebih banyak merusak moral bangsa!

NeZ♡ mengatakan...

bener tuh sampe bosan sama pertengkaran maia dhani yg gk sls2.hufff

mellovegood mengatakan...

taunih pok tiap minggu gue rutin nonton kartun, eh sekarang ga ada dijajah sama gosip eek!!

si ChaLekLek mengatakan...

namanya jg simbiosis mutualisme.
jd sama" saling menguntungkan antara si artis dan si infotaiment tu sendiri..
rada" bete jg yah,, info" gak penting gt d publish..

adhini mengatakan...

begitulah mayoritas manusia skrg..lebih mudah membicarakan orang lain daripada berkaca pada diri sendiri.

fungsi media sekarang (khusunya media audio-visual TV) hanya sebatas menghibur khalayaknya, tapi unsur pendidikan dan pengawasan sosial seringkali dilupakan. makanya jadi kaya acara2 di TV indo sekarang ini.

semoga masih ada produser dan pemilik modal yg berpikir akan unsur pendidikan dan pengawasan sosial di dalam sebuah acara yg ada di stasiun TVnya, bukan hanya hiburan belaka yang banyak melupakan unsur2 itu..dan kelewat jauh dari moralitas bangsa ini.

hopefully...

letsgetluz mengatakan...

kalo nontonnya E! atau Access Hollywood nggak apa-apa dongg.. huehehhe