Sabtu, 23 Februari 2008

- kebimbangan sesaat -

Beberapa hari yang lewat, saya sempat ketemu dengan salah seorang teman lama sewaktu bimbel dulu. udah lumayan lama kita gak ketemu, sekali ketemu itupun enggak sengaja. bisa ditebak, percakapan di antara kami pun gak jauh-jauh dengan kabar kehidupan masing-masing sekarang, serta kabar terbaru dari temen-temen yang lainnya. banyak menit demi menit yang kami lewatkan untuk sekedar membayar hilangnya waktu-waktu yang udah lama lewat. Ditemani pancake dan air putih gratisan, kita mencoba merilexkan diri dan mengenang peristiwa di kala dulu di sudut sebuah warung eskrim di salah satu mall di pusat kota.
perbincangan dimulai dengan berbagai macam topik ringan, semacam kegiatan sekarang dan pasangan masing-masing tentunya *dan saya tetap tak laku-laku*.
hingga sampai pada saat dimana kami ngomongin 'apa kesibukkan sekarang di samping kuliah?'. gini nih, petikan percakapan saya dengannya :

saya : sekarang kamu sibuk apa selain kuliah?

dia : umm, paling tidur doank. kuliah saya capek banget pok. ngurusin anak-anak SD. *dia kuliah ambil jurusan PGSD*

saya : wah, seru dong sama anak-anak? bisa di-adu. hehehe

dia : ya gitu, tapi ya tetep capek juga. kalo kamu? sibuk apa selain kuliah?

saya : eh, apa yah? paling nulis-nulis dikit.



dia : nulis apa?

saya : novel *kata saya mantep bak seorang pujangga karbitan*

tanpa gue duga, si dia malah ketawa kenceng, sambil mangap-mangap gak karuan.

dia : novel? ih, kaya cewe aja

saya : kaya cewe? *melongo*

timbul satu pertanyaan besar dibenak saya. apa iya, nulis cerita itu kayak cewe? kok bisa dia narik kesimpulan gitu? wah, ada yang gak beres nih. *kok pertanyaanya ada 2?*

setau saya, si teman tadi bukanlah tipe orang yang suka dengan kegiatan baca-membaca. mungkin selain buku pelajaran yang dipinjemin perpustakaan bobrok sekolah, gak pernah dia baca buku laen, apalagi novel paling mentok-mentoknya baca koran gratisan bekas bungkus terasi.
tapi, kenapa dia bisa menfatwa saya seperti itu? mungkin, yang dimaksud dengan novel dalam pemikirannya adalah buku semacem Teen-lit ataupun chik-lit, yang memang diperuntukkan bagi kaum hawa, sehingga dia menarik kesimpulan tak berdasar seperti itu. mungkin dia gak pernah kenal dengan novel semacam karangan Adityha Mulya, Dewi lestari, Djenar maesa ayu bahkan Raditya Dika.
mekipun demikian, pernyataanya sempat membuat saya ragu. apakah dunia tulis menulis ini, yang bisa begitu saya cintai hanyalah sebuah kegiatan kecewe-cewean bagi seorang cowo seperti saya?
tapi, setelah saya mikir mateng-mateng dan tanya sana-sini, saya yakin pilihan saya benar. lagian bodo amat, mo dikatain kegiatan cewe, yang penting saya bisa sedikit bahagia. itu kan yang selama ini saya cari? sedikit kebahagiaan.
iya, saya yakin saya mulai bahagia.



i'm out*
gambar dari sini.

28 komentar:

aDyA mengatakan...

ah!!! dasar temen yg BEGO!!!!

klo dia bilang klo nulis novel tuh cuma cewe, trus gimana dgn John Grisham, Stephen King, Dan Brown????

BEGO BET YAK JADI ORANG!!!

*maav.. terbawa emosi..*

SMANGADH!!!

keep on writing yah...

^^

ajenkajenk mengatakan...

temen lo pikirannya kayaknya perlu dilebarkan deh...

kuper sangad...dan primitif sangad pemikiran dia hahaha...payah...

alah..! gaya lo pok..tau aditya mulya juga dr gw hahahaha...piece bro..!!

yup..keep on writing !! biarkan temanmu yg primitif itu menggonggong..hahaha...

andi CIHUY mengatakan...

sidney sheldon tuh ce/co yah... novel nya keren banget... gw inget waktu baca tu novel kelas 1 sma, waktu itu CD bokep masih jarang banget jadi pelariannya ke novel, wakakaka....

gw rasa pas lulus dari bimbel tu anak langsung kuliah di hutan amazon kali yah... ampe bisa berkesimpulan gituh... kalo gw jadi loe, setelah dia bilang "ih... kaya cewe banget!!!" langsung gw bales... "ya oloh... masya si booo... eike baru tau lo jeung..." *bencong mode* biar dia puas, wakakakka...

popokbekas mengatakan...

@ mbak adya, ajenk : jangan emosi

@ andi : sidney tuh cowo mas..

slugger_brotherhood mengatakan...

GW setuju ma lo . . .

Anjing menggonggong yang penting timpuk ! ! !

Novel is the best thing in this rotten world

adhini mengatakan...

orang lain cuma bisa menilai,dan penilaian mereka sifatnya subjektif..berdasarkan sudut pandang dan pengalaman mereka aja.

so,keep fighting dy!! =)

otnayida mengatakan...

gak nyangka tukang nyuci popok kayak lo pinter nulis juga,.. mau gak jadi tukang nyuciin popok anak gw.. celana dalam nya kayak tuts keybord loh.. kali aja sambil nyuci lu kesambet ide.. hehehehee...

met berkarya bung...

Eucalyptus mengatakan...

ah.... gak salah tuh temen kamu? Begitu banyak penulis novel cowok yang ngetop2? Tetap semangat ya menulis, aku dukung deh 100%

mellovegood mengatakan...

udehsih pok, yg penting tulisan lo BAGUS dan lucu kaya hape meleduk wakakaka.

popokbekas mengatakan...

@ slugger : thanks bro

@ adhini : makasi ya dee..

@ otnayida : buset! itu celana apa gilesan cucian bang? hahahah

@ mbak eucalyptus : makasi ya mbak

@ mel : heheh.. iya mel..

kopisusu mengatakan...

Ah...seandainya dia itu tau asiknya NGEBLOG...ndak bakalan dia ngomong kaya gitu...lain kali kalo ketemu dia lagi...cium aja dia...kekekeh...!

ichaAwe mengatakan...

ya ampuuunnn
makin banyak aja kepala gendeng jaman sekarang ini..
kalo aku jd kamu mah...malezz degh ngeladenin dia ngomong

andrei-travellous mengatakan...

Iya tuh temenmu itu mesti baca novel2 karangan para lelaki, pas lo nyebutin pengarang2 indo ak jadi terbersit, kapan yaa gw kelak bisa disejajarkan bareng mereka? ak juga gini2 pengen punya novel sendiri, ayo kita sama2 berjuang Pok! :D

Abimanyu mengatakan...

"lagian bodo amat, mo dikatain kegiatan cewe, yang penting saya bisa sedikit bahagia. itu kan yang selama ini saya cari? sedikit kebahagiaan.
iya, saya yakin saya mulai bahagia."


yup!! sebodo amat bro!!! percaya g klo saya yang ROCKER sejati ini, yang bisa maen gitar dgn kecepatan cahaya ini, yang suka ngerasin volume amply sampai mentok ini, yang suka pake distorsi banyak2, ternyata nulis diary???? hiekeke666.. percaya g?? percaya deh!!!

GusKoko mengatakan...

Orang mau ngomong apa biarin aja,
anggap aja dia "idiot", jalan terus untuk menulis.
- The show must go on -.

Anonim mengatakan...

wekekkekeke, maju terus pantang mundur anak muda, teruslah menulis sampai otakmu terperas. BTW, nulis apaan sih? udah tau belon GPU lagi bikin lomba nulis cerita konyol remaja? ikutan hyukkkkk!

Yenny

nunik-kinun mengatakan...

itu andrea hirata sama Habiburrahman El-Shirazy mau dikemanain yak..masak dibilang cewek, jelas2 mereka itu cowok..hi..hi..

cumicungkring mengatakan...

:woi pok,temen lo tuh emang songong yah, gue ngefans ma Raditya Dika&Andrea Hirata dan mereka...COWO!ngga ada larangan cowo ngga boleh nuliskan?so sweat banget lagi ada cowo yang bisa nulis[langka gitu]

:: ing :: mengatakan...

eh..betapa dudulnya saia..beneran luoh, saia dudul..saia kira popok ini adalah jelmaan wanita, h taunya pria..haha..sambil melongo baca postingan ini otak saia yang entah kenapa loadingnya lembet sekali baru tersadarkan, popok ini lelaki..hag hag hag..

oia, mo comment tentang kata temen nya itu, gak bener ah klo nulis itu cuman cewe, gag bener..kali ini saia ngomong dengan kemapuan otak yang udah setinggi-tingginya loh..

smangad buat tulisannya pok!!

april mengatakan...

ooooo penulis tho....bagus...bagus...;)

Mama Anne dan Ghani mengatakan...

Iya nih temennya gak gaul he..he
Sukses Om popok
Terus berkarya
Bultikan yaaaaa

Ani mengatakan...

Payah deh temen kamu, masak sih nulis novel indentik dengan cewek, perlu di ceramahin tuh dia.

Zee mengatakan...

mungkin temen situ aja yg sirik... :)
mana ada hubungannya gender sama minat...

verlita mengatakan...

selamat yah yg bahagia... ;)
btw...santai aja, hobi dan minat nulis sama sekali ga ada hubungannnya dengan gender...
sumpeeee dech baru kali ini denger ada yg bilang nulis itu khusus untuk cewek...

anggangelina mengatakan...

yah mungkin temen kamu itu slm ini bacaannya teen lit gitu kali'..*ketauaaan kaan??* haha..

tapi bagi saya, smw pekerjaan didunia ini ga ngaruh lhoh sm gender... kecuali pekerjaan2 tertntu pastinya..
no matter what, trusin kegiatan menuliis muw... :)

Novee mengatakan...

sip! suka banget ama org yg yakin ama dirinya.
dulu juga saya pernah mikir bahwa sayalah org yg paling malang sedunia mengingat sempitnya hidup saya dulu2 itu & isinya perjuangan melulu. tp makin kesini makin merasa bahwa Allah lah yg paling tau, kapan memberikan waktu yg tepat untuk saya bahagia.
dan ternyata saya bahagia banget *walo tetap tak laku-laku heheee*

btw, temen nya itu pasti kuper banget yah, sampe bisa blg novelis tuh kerjaan cewe. tinggal di mana sih dia, hari gini masih ga gaul...

popokbekas mengatakan...

@ all : makasi atas dukungannya ya..

Desita mengatakan...

kasian ya teman anda itu. turut berduka deh. btw, pengen jadi penulis ya? wah selamat. saya juga deh. =D